10 Keuntungan dan Kerugian Reksadana bagi Investor

10 Keuntungan dan Kerugian Reksadana bagi Investor

Dalam tulisan ini, saya ingin back to basics, menjelaskan kembali keuntungan dan rugi Reksadana untuk investor lebih komplet, supaya lebih terang faedahnya. Keinginan saya, sesudah membaca ini, beberapa pembaca website berani coba investasi Reksadana.

Walau telah lumayan lama datang, pemilikan Reksadana masih kecil di Indonesia. lebih kecil dibanding negara – negara tetangga.

Saya kurang tahu benar apa pemicunya. Tetapi, sangkaan saya, kemungkinan orang masih takut – takut dengan investasi.

Apa lagi ada banyak saja bersebaran kasus penipuan investasi bodong. Mengakibatkan, orang kembali lagi ke instrument konservatif, yakni tabungan atau deposito, yang risikonya rendah, untuk simpan harta.

Walau, orang tahu jika instrument tabungan dan deposito itu bukan opsi terbaik, karena return yang paling rendah hingga bisa susah merealisasikan gagasan keuangan. Tapi perasaan aman nampaknya jadi pemikiran khusus untuk mayoritas orang.

Keuntungan dan Rugi Reksadana

Ada pepatah, “tidak mengenal jadi tidak sayang”. Itu berkaitan untuk investasi karena tanpa memahami keuntungan dan rugi Reksadana, kemungkinan kecil Anda akan yakin, apa lagi membeli.

Baca Juga  7 Cara Investasi Reksadana Saham Terbaik Mudah dan Murah

Keuntungan

Saya menulis beberapa keuntungan investasi reksadana, berikut:

#1 Keuntungan Tinggi

Reksadana dapat menguntungkan sampai 20% /tahun secara rata – rata. Ini dibuat satu diantaranya oleh Reksadana Saham.
Tingginya keuntungan ini memberinya peluang ke investor untuk memakai Reksadana Saham sebagai instrument menyiapkan dana pengajaran dan dana pensiun yang bentang waktunya periode panjang.

#2 Penganekaragaman Risiko

Reksadana tawarkan penganekaragaman risiko karena uang investor ditebar ke beragam instrument hingga bila terjadi risiko tidak semua jeblok atau turun nilainya secara bertepatan.

Misalkan, Reksadana Saham tidak tempatkan di dalam 1 saham saja, tapi membagikan investasi ke beragam saham untuk menahan turunnya nilai investasi karena hanya 1 harga saham turun.

Penganekaragaman ini susah dilaksanakan untuk Anda yang investor individu karena terbatasinya dana investasi. Di Reksadana, dana yang diatur ialah kelompok dari beragam investor, hingga diverifikasi risiko dapat dilaksanakan dengan maksimal.

#3 Diatur Manager Investasi Profesional

Kebatasan pengetahuan dan tiadanya waktu untuk lakukan analisis investasi, sebagai masalah banyak calon investor, ditangani oleh Reksadana dengan memberikan prosesnya ke Manager Investasi. Profesional yang telah eksper dalam soal pengendalian portfolio investasi.

Anda sebagai investor bisa memandang performa Manager Investasi secara terbuka. Dapat juga memperbandingkan performanya untuk cari Manager Investasi terbaik.

Tidak boleh cemas masalah fee untuk bayar Manager Investasi. Malah itu keunggulan Reksadana karena karakternya kelompok investor karena itu fee Manager Investasi dipisah ke semua investor, hingga ongkosnya jadi dapat dijangkau.

Baca Juga  10 Tips Beli Reksadana Murah, Mudah dan Untung

#4 Jumlah Investasi Kecil, Dapat Rp 10 ribu

Beberapa penjual Reksadana terus lakukan pengembangan supaya instrument ini terjangkau ke semua kalangan masyarakat. Satu diantaranya, investasi Reksadana bisa diawali dari Rp 10 ribu.

Kami pernah menulis masalah investasi reksadana rp 10 ribu ini. Anda dapat melakukan melalui salah satunya situs e-commerce.

#5 Membeli Jual Online

Tren basis reksadana ialah online. Transaksi bisnis cukup dilaksanakan lewat web.

Selainnya memudahkan, basis online membuat ongkos transaksi bisnis jadi lebih murah, dan pantauan lebih gampang. Beberapa basis online, saya saksikan bahkan juga menggratiskan ongkos investasi reksadana.

Rugi

Walau beberapa keuntungan, reksadana mempunyai risiko rugi yang harus dijumpai dan diperhitungkan oleh investor.

#1 Rugi Investasi

Investasi tentu punyai risiko rugi. Reksadana juga semacam itu.

Tidak ada reksadana yang risikonya 0. Risikonya dapat rendah, sedang atau tinggi, bergantung tipe instrument yang diputuskan.

Misalnya, reksadana saham yang nilainya naik atau turun bergantung fluktuasi harga saham di bursa dampak. Tidak ada agunan jika harga tentu selalu naik.

#2 Ongkos Investasi

Dalam transaksi bisnis jual beli, investor harus bayar ongkos berkaitan investasi reksadana. Ongkos ini berpengaruh pada return yang diterima investor karena hasil investasi reksadana akan dikurangkan untuk bayar ongkos.

Ongkos – ongkos ini bukan hanya meliputi fee untuk Manager Investasi tapi juga ongkos untuk penyimpanan (kustodian), operasional dan pemasaran Reksadana. Sudah pasti, bila memakai basis online, tingkat ongkos dapat dikurangkan secara cukup berarti.

Baca Juga  Keuntungan Reksadana Bukalapak, Bisa Investasi Mulai Rp 10 Ribu

#3 Perlu Waktu Pencairan (Likuiditas)

Berlainan dengan tabungan yang dapat diambil setiap waktu, bila nasabah memerlukannya. Deposito pun demikian, ini hari Anda cairkan karena itu pada hari yang serupa uang masuk.

Pencairan Reksadana memerlukan waktu 3 sd 4 hari kerja semenjak perintah diberi sampai dana masuk rekening investor.

Karena ini ialah investasi, karena itu likuiditasnya tidak sebagus tabungan. Hal yang mana lumrah karena investasi memberinya return semakin besar.

Walau peluangnya kecil, tapi masih tetap ada peluang jika investasi tidak dapat dicairkan bila Manager Investasi tidak berhasil sediakan dana buat lakukan pembelian kembali Unit Reksadana.

#4 Penutupan Reksadana

Ada peluang Reksadana ditutup oleh kewenangan bila jumlah dana yang diatur jeblok di bawah nilai minimal.

Kami pernah menulis secara cukup mendalam masalah Penutupan Reksadana. Apa ketentuannya dan bagaimana prosesnya di artikel ini.

Karenanya, risiko Reksadana ditutup masih tetap ada, walau relatif kecil. Hingga saat ini, saya tidak pernah dengar sebuah Reksadana ditutup.

#5 Wanprestasi Manager Investasi

Dimungkinan Manager Investasi (MI)yang sebagai pengurus tidak melakukan kewajibannya. Karena status MI benar-benar kritis, bila ini terjadi, peluang Reksadana tidak dapat jalan seperti mestinya.

Oleh karenanya, penyeleksian Manager Investasi jadi benar-benar vital. Cari Manager Investasi terbaik karena bukan hanya tentukan performa tapi juga going-concern Reksadana.

Kami pernah menulis beberapa Manager Investasi terbaik.

Baca Juga  5 Pilihan Bank Penjual Reksadana Terbaik BCA Mandiri BRI

Ringkasan

Telah banyak artikel di website ini mengulas masalah Reksadana. Artikel ini meringkas point poin keuntungan dan rugi Reksadana.

Keinginan saya satu, Anda pembaca ingin coba investasi di Reksadana.

Mudah-mudahan dapat membuat cerah pembaca. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *